PEMBELAJARAN MAKE A MATCH - SMA Negeri 1 Pondidaha

INFO PENDIDIKAN

Post Top Ad

KOTAK BANNER ATAS

Jumat, 26 April 2019

PEMBELAJARAN MAKE A MATCH



ABSTRAK


            TAUFIQ ILHAM PUTERA, S.Pd., M.Pd., (19740601 199802 1 002) “Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada materi Substansi Materi Genetik melalui pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match  siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Pondidaha”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas XII IPA2  SMA Negeri 1 Pondidaha pada mata pelajaran biologi materi Substansi Materi Genetik?.2)Apakah pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPA2  SMA Negeri 1 Pondidaha Kabupaten Konawe pada  mata pelajaran biologi materi Substansi Materi Genetik ?
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Pondidaha dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make  a match. 
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Penelitian ini disetting dalam dua siklus untuk mencapai target keberhasilan dengan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi sampai mencapai tujuan yang ditetapkan. Sumber data dalam penelitian ini adalah personil penelitian yang terdiri dari guru dan peserta didik. Banyak peserta didik yang di teliti adalah 32 peserta didik yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas peserta didik, dan data kuantitatif diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan aktivitas peserta didik pada pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth membawa dampak positif pada hasil belajar peserta didik, berdasarkan hasil tes tindakan siklus I, ketuntasan klasikal mencapai 75 % atau hanya 24 siswa dari 32 siswa yang memenuhi KKM (KKM ≥ 67), dengan nilai rata-rata 77,97. Meningkat pada siklus II menjadi 87,5 % tuntas secara klasikal, artinya sudah 28 dari 32 siswa tuntas KKM, dengan rata-rata meningkat menjadi 79,69. Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus maka dapat disimpulkan  bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi Substansi Materi Genetik  siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Pondidaha.



KOTAK BANNER BAWAH