ABSTRAK
TAUFIQ ILHAM
PUTERA, S.Pd., M.Pd., (19740601 199802 1 002) “Meningkatkan Hasil Belajar
Biologi pada materi Substansi
Materi Genetik melalui pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match siswa Kelas XII IPA 2 SMA
Negeri 1 Pondidaha”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1) Apakah pembelajaran kooperatif
tipe Make a Match dapat meningkatkan
aktifitas belajar siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Pondidaha pada mata pelajaran
biologi materi Substansi Materi Genetik?.2)Apakah pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri
1 Pondidaha Kabupaten Konawe pada mata
pelajaran biologi materi Substansi Materi Genetik ?
Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian
ini adalah untuk untuk
meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Pondidaha
dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Penelitian
ini disetting dalam dua siklus untuk mencapai target keberhasilan dengan
melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi sampai
mencapai tujuan yang ditetapkan. Sumber data dalam penelitian ini adalah
personil penelitian yang terdiri dari guru dan peserta didik. Banyak peserta
didik yang di teliti adalah 32
peserta didik yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data
kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi
aktivitas guru dan observasi aktivitas peserta didik, dan data kuantitatif
diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan aktivitas peserta didik dan
hasil belajar peserta didik. Peningkatan aktivitas peserta didik pada
pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth membawa
dampak positif pada hasil belajar peserta didik, berdasarkan hasil tes tindakan
siklus I, ketuntasan klasikal mencapai 75 % atau hanya 24 siswa
dari 32 siswa
yang memenuhi KKM (KKM ≥ 67),
dengan nilai rata-rata 77,97.
Meningkat pada siklus II menjadi 87,5 % tuntas secara klasikal, artinya sudah 28 dari 32 siswa tuntas KKM, dengan
rata-rata meningkat menjadi 79,69.
Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus maka dapat
disimpulkan bahwa dengan menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat
meningkatkan hasil belajar biologi pada materi Substansi Materi
Genetik siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Pondidaha.